Minggu, 21 Juli 2013

Harga Emas Melonjak Tajam ke Level 1 Bulan Tertinggi

Harga Emas Melonjak Tajam ke Level 1 Bulan TertinggiEmas berjangka naik untuk minggu kedua berturut-turut dengan ketua Federal Reserve Ben Bernanke memberikan signal bahwa kecepatan dari stimulus kemungkinan akan di pertahankan.

Bernanke mengatakan kepada Komite Senat Bank bahwa “masih terlalu pagi untuk membuat suatu penetapan” mengenai apakah pembelian hutang akan di kurangi pada September. Emas naik 70% dari akhir Desember 2008 ke Juni 2011 dengan the Fed terus meminjam biaya pada rekor terendah dan membeli $2.3 triliun dari obligasi dalam dua ronde dari apa ya dinamakan quantitative easing. Metal berharga naik 1.3 persen minggu ini.

Dan pada perdagangan elektronik di Asia hari ini harga emas terpantau mengalami peningkatan tajam (22/07). Harga emas melonjak dan membukukan peningkatan hingga mencapai posisi paling tinggi dalam satu bulan belakangan. Kenaikan harga emas ini terjadi sebagai akibat dari melemahnya nilai tukar dollar. Sementara itu kenaikan pembelian emas berjangka di Jepang juga turut menjadi salah satu pendorong.

Saat ini dollar yang memang sedang mengalami penurunan terhadap rival-rival utamanya. Penurunan mata uang Amerika Serikat ini didorong oleh spekulasi bahwa Fed tidak akan mengurangi program stimulus moneter dalam waktu dekat.

Minggu lalu Gubernur Fed Ben Bernanke menyatakan bahwa saat ini masih “terlalu dini” untuk memutuskan waktu yang tepat untuk menarik program stimulus. Kemungkinan masih akan diteruskannya program stimulus moneter di AS memberikan dorongan melemah kepada mata uang dollar.

Harga emas spot LLG tampak diperdagangkan pada posisi 1318.65 dollar pada hari ini. Harga emas LLG tersebut membukukan kenaikan 24.25 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Saat ini harga emas LLG berada pada posisi paling tinggi sejak tanggal 20 Juni lalu.

Sementara itu harga emas berjangka Comex juga tampak mengalami peningkatan signifikan hari ini. Harga emas berjangka mengalami peningkatan sebesar 1.49 persen dan ditransaksikan pada posisi 1312.10 dollar per troy ons.

Analis emas Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pada perdagangan hari ini harga emas LLG akan cenderung bergerak menguat karena indikator menunjukkan pergerakan naik yang cukup solid. Melemahnya dollar juga memperkuat momentum kenaikan harga komoditas ini. Untuk hari ini diperkirakan harga emas ini akan mengalami pergerakan pada kisaran 1305 – 1325 dollar per troy ons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar