Senin, 08 Juli 2013

Gangguan Produksi Platinum, Harga Emas Meningkat

Harga Emas Meningkat Akibat Gangguan Produksi Platinum
Emas berjangka jatuh ke satu minggu terendah dengan dolar AS menyerbu ke tertinggi dalam hampir 3 tahun setelah panggajianAS naik lebih dari yang diperkirakan di bulan Juni, menambah minyak spekulasi bahwa Federal Reserve akan mengurangi stimulus.

Dolar AS naik 1.6% terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, menghapus daya tarik emas sebagai alternative investasi. Payroll naik sebanyak 195,000 pekerja untuk bulan ke dua berturut-turut, kata pemerintah. Perkiraan tengah dari survey Bloomberg memproyeksikan kenaikan 165,000. Indeks berjangka Standard & Poor lompat setelah data pekerjaan.

“Laporan pekerjaan yang lebih baik berarti semakin kurang pelarian modal ke tempat yang aman,” kata Brian Booth seorang strategi pasar senior di Long Leaf Trading Group di Chicago dalam suatu interview telepon.”Reaksi awal terhadap laporan adalah dorongan naik lebih tinggi dalam dolar AS dan kenaikan dalam saham, dan sepanjang hal ini berlanjut terus, emas akan mengalami perjuangan.”

Emas berjangka untuk penyerahan Agustus turun 3.1% dan ditutup di $1,212.70 per ons pada 1:46 p.m. di Comex New York. Sebelumnya, harga sempat menyentuh $1,206.90 terendah untuk bulan kontrak teraktif sejak 28 Juni. Volume trading untuk waktu ini adalah 25% diatas rata-rata 100 hari.

Pergerakan harga emas hari ini membukukan penguatan. Naiknya harga emas dipicu oleh imbas laporan dari Anglo American Platinum Ltd, perusahaan produsen platinum terbesar di dunia yang menyatakan bahwa pihaknya sedang berhenti memproduksi platinum akibat adanya aksi mogok kerja 5600 orang pekerja di sebuah tambang di Agrika Selatan. Para pekerja tersebut menuntut adanya pengurangan jam kerja dan juga mengingkan adanya penghapusan denda terhadap serikat pekerja.

Harga emas spot mengalami peningkatan sebesar 1,6% menjadi 1232,4 dollar per troy ons dengan level support 1207,5 dollar per troy ons dan level resistant sebesar 1265,38 dollar per troy ons.

Sedangkan harga komoditi logam mulia lainnya juga mengalami kenaikan sebesar perak yang naik 1,85% menjadi 19,08 dollar per troy ons, platinum naik 2,61% menjadi 1359,5 dollar per troy ons dan palladium naik 1,35% menjadi 685,1 dollar per troy ons.

Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting memprediksi bahwa pergerakan harga emas akan mengalami kenaikan malam ini seiring positifnya kondisi teknikal dan juga adanya kenaikan permintaan seiring melemahnya dollar akibat spekulasi Fed yang akan menurunkan jumlah stimulus ekonomi di tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar