Kamis, 01 Agustus 2013

Harga Emas Tutup Bulan Juli dengan Kenaikan Bulanan Sebesar 7.3%

Harga Emas Tutup Bulan Juli dengan Kenaikan Bulanan 7.3%Harga emas pada perdagangan malam ini kembali menunjukan pelemahan meski tidak terlalu signifikan. Pelemahan tipis yang terjadi merupakan respon pasar ditengah aksi tunggu terhadap hasil rapat Fed yang sedang berlangsung saat ini. Investor beranggapan bahwa Fed diharapkan dapat memastikan mengenai kebijakan pemotongan stimulus ekonomi apakah akan dilaksanakan atau tidak pada tahun ini. Disaat yang bersamaan sentimen negatif juga muncul dari imbas penurunan data kepercayaan konsumen Amerika Serikat untuk bulan Juni yang akan berdampak buruk bagi pasar ritel emas.

Pada penutupan perdagangan komoditas emas dini hari tadi terjadi pergerakan yang cenderung terbatas (01/08). Harga emas menutup bulan Juli dengan membukukan kenaikan bulanan pertama dalam empat bulan terakhir. Pada perdagangan harian harga emas hanya mengalami pergerakan tipis setelah Fed mengatakan akan mempertahankan program pembelian obligasi sebesar 85 miliar dollar per bulan.

FOMC menyatakan dalam rilisnya ke dewan pers bahwa komite menyadari bahwa inflasi yang masih berada di bawah level 2 persen yang merupakan target inflasi Fed bisa menimbulkan risiko perlambatan ekonomi. Harga emas sepanjang tahun 2013 ini telah mengalami penurunan sebesar 22 persen akibat hilangnya keyakinan investor terhadap emas yang merupakan pelindung nilai saat inflasi tinggi. Tingkat inflasi yang rendah membuat daya tarik logam mulia tersebut menjadi meredup.

Harga emas spot LLG pada akhir perdagangan terpantau mengalami penutupan di posisi 1324.95 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut mengalami penurunan tipis dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1325.80 dollar per troy ons.

Sementara itu harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman bulan Desember di Comex terpantau mengalami penurunan tipis sebesar 0.9 persen. Harga emas berjangka tersebut ditutup pada posisi 1313 dollar per troy ons.

Harga emas membukukan peningkatan sebesar 7.3 persen di bulan Juli lalu. Kenaikan bulanan ini merupakan yang terbesar sejak bulan Januari 2012.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas akan cenderung masih terbatas. Pola pergerakan masih sideways dan belum ada faktor yang mampu menentukan trend selanjutnya. Untuk hari ini harga emas diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1320 - 1335 dollar per troy ons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar