Rabu, 19 Juni 2013

Tanda-Tanda Emas Sudah di Dasar?


“Saya sedang membuat banyak uang melalui real estate di Florida, ngapain saya mengurus bisnis ledeng saya lagi,’ Mat Badiali seorang tukang ledeng berkata.

Tahun itu adalah tahun 2005 – setahun sebelum pasar real estate mencapai puncaknya.

Dr. Steve Sjuggerud dari Wealth Daily berkata, bagi saya pada saat itu, tahun 2005, seorang tukang ledeng meninggalkan pekerjaan sehari-harinya untuk dagang rumah adalah “tanda dari sudah di puncak” – bukti yang lucu bahwa orang sudah optimistik tanpa menggunakan rasio lagi.

Membaca berita hari-hari ini, terlihat “tanda-tanda sudah di dasar” dalam hal emas……

Sebagai contoh, salah satu berita judul utama Bloomberg berkata: ”Paulson berkata berhentilah melaporkan dana emasnya secara regular.” Berita emas dari Bloomberg ini, tentu akan membuat pelaku pasar lebih berhati-hati.

Billionaire John Paulson menjadi sebuah legenda dengan membuat $15 miliar untuk para investornya. Dia melakukannya dengan bertaruh melawan subprime mortgage di tahun 2007.

Tetapi sekarang dana emas Paulson “telah jatuh 47% tahun ini sampai bulan April,” demikian laporan Bloomberg – hasil yang mengerikan.

Emas sendir telah turun kira-kira 25% dari puncaknya Oktober yang lalu ke terendah di bulan April. Saham emas telah turun sampai kira-kira 50%.

Tahun lalu, fund manager Taurus Funds memiliki seperempat miliar dolar AS di dana metal berharganya. Tetapi terakhir ini, begitu banyak investor meminta kembali uang mereka, sehingga Taurus memutuskan untuk menutup pintu dari dana metal berharganya.

Ketika tidak ada lagi yang tersisa untuk dijual, dasarnya sudah ada disini.

Di Stansberry & Associates, mereka di paksa untuk fokus pada perusahaan-perusahaan pertambangan yang kecil-kecil dalam newsletter mereka, sebagian karena jumlah pelanggan telah jatuh sampai ke level mikro.

Ini adalah tanda dari sudah di dasar ketika performance seorang miliarder sudah begitu buruk, sehingga dia memilih untuk tidak melaporkannya ke klien regularnya.

Ini adalah tanda dari sudah di dasar ketika para hedge fund sedang meninggalkan bisnisnya.

Ini adalah tanda dari sudah di dasar ketika berita-berita sudah memfokuskan pada perusahaan-perusahaan pertambangan dan emas yang kecil-kecil yang terpaksa untuk menutup tokonya.

Bagi saya, kata Dr Steve Sjuggerud, ini adalah bukti yang lucu……..Ini adalah “tanda-tanda sudah di dasar.”

Namun tanda-tanda ini tidak berarti bahwa dasarnya sudah ada disini hari ini. Kita tidak akan pernah tahu kapan akan tiba di dasar paling dasar, berdasarkan tanda-tanda ini.”

Tetapi dari pengalaman bukti-bukti yang lucu dan ekstrim seperti ini adalah ketika kita sudah tiba di dekat-dekat dengan dasarnya. Sekarang ini tanda-tanda emas sudah di dekat-dekat dasar sangat banyak dan jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar