Selasa, 29 Oktober 2013

Harga Emas Sesi Asia Masih Berusaha untuk Menguat

Emas hari ini bertengger dekat ketinggian 5 minggu pada hari Senin dengan para trader bertaruh bahwa Federal Reserve AS akan melekat pada langkah stimulus yang bullion-friendly pada pertemuan kebijakan minggu ini.

“Kami percaya pengurangan terhadap stimulus pasti di tunda dan hal itu adalah positip bagi metal berharga,” kata Brian Lan, managing director dari GoldSilver Central Pte Ltd. “Harga emas akan ditutup diatas $1,400 pada akhir tahun ini.”

Emas Spot turun 0.2% di $1,349.96 per ons pada 0628 GMT. Pada hari Jumat, metal ini sempat menyentuh $1,355.20 – angka tertinggi sejak 20 September.

Sementara itu pada perdagangan di Asia hari ini harga emas terpantau berusaha untuk menguat lagi (29/10). Harga komoditas logam mulia ini bergerak menunju level tertinggi dalam 5.5 minggu yang sempat dicapai pada sesi perdagangan Senin kemarin. Potensi kenaikan harga emas ini terjadi setelah beberapa data ekonomi dari AS tampak mendukung kemungkinan Fed akan mempertahankan besaran stimulus.

Produksi pabrik di negara Paman Sam bulan September lalu menguat 0.1 persen dibandingkan bulan Agustus sebelumnya. Kenaikan ini masih di bawah level estimasi yang mengharapkan terjadi kenaikan sebesar 0.3 persen. Para pelaku pasar tidak banyak bergerak karena masih menantikan hasil resmi dari pertemuan The Fed yang akan berakhir Kamis besok.

Harga emas tahun 2013 ini telah mengalami penurunan sebesar 19 persen di tengah kekhawatiran bahwa Fed akan mengurangi besaran pembelian obligasi pemerintah bulanannya. Kondisi ekonomi yang menguat membuat berkembangnya spekulasi pengurangan stimulus tersebut.

Harga emas spot LLG siang ini turun sedikit sebesar 90 sen dan diperdagangkan pada posisi 1353.60 dollar per troy ons. Harga emas spot LLG di akhir perdagangan dini hari tadi mengalami peningkatan 0.3 persen dan ditutup pada posisi 1354.50 dollar per troy ons. Harga emas hari ini telah sempat mengalami kenaikan dan mencapai posisi 1360.55 dollar. Pada sesi perdagangan tadi malam harga emas menguat ke posisi 1361.85 dollar yang merupakan posisi paling tinggi sejak tanggal 2 September lalu.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG masih berpotensi untuk mengalami kenaikan meski hari ini akan terbatas. Untuk sementara ini harga emas diperkirakan akan bergerak di kisaran 1345 – 1360 dollar per troy ons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar